www.panoramio.com
Melancong ke Jerman rasanya sangat disayangkan jika tidak mengeksplorasi negara bagian Bayern atau Bavaria. Wilayah selatan Jerman ini memang memiliki panorama alam khas pegunungan yang tak hanya memanjakan mata, tapi juga jiwa. Eibsee, salah satu keindahan yang dapat ditemukan diantara kaki barisan pegunungan Wetterstein, tepatnya Gunung Zugspitze.
www.muenchen.de
Terbentuknya Eibsee di kota Grainau, Bavaria, masih menjadi misteri. Ada yang mengatakan dari gletser, ada pula yang mengatakan asal muasalnya dari sebuah letusan gunung besar, dan reruntuhan batu raksasa. Danau berwarna biru dan hijau ini terletak pada ketinggian 973,28 meter di atas permukaan laut. Letaknya berada tepat di kaki bagian utara Gunung Zugspitze yang merupakan puncak tertinggi di Jerman. Gunung tersebut merupakan bagian dari barisan pegunungan Wetterstein dengan ketinggian 2.962 meter di atas permukaan laut. Perbedaan warna air biru dan toska tersebut mencirikan kedalaman yang berbeda. Luas permukaannya mencapai 195 hektar dengan kedalaman air secara keseluruhan 35 meter dan sepanjang tepian utaranya, danau Eibsee memiliki tujuh pulau.
Danau Eibsee merupakan salah satu danau paling indah dan terbersih di Jerman. Di sekitarnya gunung-gunung tinggi begitu jelas berjajar di depan mata dengan pucuknya yang terkadang masih berselimut salju putih. Pohon pinus pun berbaris menghiasi tepiannya, berusaha menyaring dinginnya angin yang berhembus. Kita dapat menyewa perahu dayung atau perahu kayuh (pedal boat) untuk mengarungi perairannya yang tenang. Di musim panas sulit rasanya menolak “undangan” berenang di airnya yang jernih. Jika ingin mengeksplorasi setiap sudut Eibsee, tersedia jalurtrekking yang juga cocok untuk jogging maupun bersepeda. Bentuk jalur memutar dengan panjang 7,2 km dan dapat diselesaikan dalam durasi 2 jam.
www.muchadoaboutmunich.blogspot.com
Medannya cenderung landai, tidak begitu banyak tanjakan panjang dan curam, dan jalur utama pun sangat mudah untuk ditemukan. Sebelum memulai trekking, di dekat danau terdapat beberapa toko dan restoran, sehingga pengunjung bisa mempersiapkan perbekalan seperti air minum dan snack. Dengan mengikuti arah jarum jam, kita dapat melihat keindahan Eibsee dari berbagai sisi.