foto: www.orosolhotel.com
Ibiza selalu memesona sepanjang tahun sehingga tak perlu ragu untuk mengunjunginya di luar musim panas. Rasanya tak perlu lagi meragukan keindahan pantai-pantainya yang sudah terkenal seantero dunia. Pulau yang ditemukan bangsa Fenisia ini semakin indah ketika bunga-bunga almond mulai bermekaran, memberi tanda bahwa musim semi segera tiba.
foto: http://ibizaphoto.blogspot.com/
Spanyol adalah produsen almond terbesar kedua setelah California. Sejak abad ke-19 sudah menjadi komoditas berharga tinggi dan merupakan sumber pendapatan bagi banyak keluarga di Ibiza. Perkembangan pesat pariwisata perlahan mematikan gaya hidup tradisional masyarakat Ibiza, setiap tahun semakin banyak masyarakat yang meninggalkan warisan para leluhur. Termasuk produksi almond Ibiza menjadi anjlok. Tetapi kita masih dapat melihat barisan pohon almond tertanam di daerah pedesaan.
Salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi Ibiza di luar musim panas adalah bulan Februari. Ketika angin dari utara masih menebar dingin di pesisir Kepulauan Baleric ini, kita tetap bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Seperti bunga sakura di Jepang, Ibiza memiliki bunga dari pohon buah almond yang mulai bermekaran. Menandakan musim semi sudah dekat, pepohonan almond itu memberikan warna-warni cantik pink dan putih. Cantiknya bunga almond juga dibarengi dengan aromanya yang sedap membuat suasana menjadi romantis. Tempat terbaik untuk menikmati pemandangan ini adalah di lembah Santa Ines (Santa Agnes) yang dijuluki “Valley of the crown”. Lembah itu terletak di sebelah utara kota San Antonio.
foto: www.ibizaa-z.com
Saat almond mulai menampakan warna cantiknya, wajib bagi para penduduk untuk berjalan-jalan menikmati udara serta pemandangan indah di jalanan atau menujuvalley of crown. Di sana kita dapat berjalan kaki ataupun bersepeda. Dari mulai oma, opa, hingga balita bergembira menyambut datangnya musim panas dengan menghirup udara di bawah pohon almond. Bertepatan dengan bulan kasih sayang, pulau Ibiza menjadi setting yang super romantis bagi mereka yang telah memiliki pasangan. Uniknya, masyarakat setempat percaya bahwa pohon dengan bunga berwarna putih adalah jenis laki-laki dengan buah almond rasa manis. Sedangkan pohon berbunga pink berasal dari jenis wanita yang memproduksi buah dengan rasa lebih pahit.