Sabtu, 28 Februari 2015

FAKTA MENARIK NEGARA KUBA


Secara resmi dikenal sebagai ‘Republik Kuba’, wilayah negara ini meliputi Pulau Kuba, Isle of Youth, dan beberapa pulau-pulau kecil yang berdekatan.
Wilayah selatan Kuba berbatasan dengan Negara Jamaika dan Kepulauan Cayman, sedangkan sebelah utara terletak Bahama dan negara bagian AS, Florida. Sementara itu di arah timur berbatasan dengan Haiti dan sebelah barat terletak Meksiko.

Menjadi pulau ke-17 terbesar di dunia, Kuba memiliki berbagai informasi dan fakta menarik yang akan disajikan di bawah ini.

Fakta Menarik tentang Kuba

1. Kuba adalah negara terpadat di seluruh wilayah Karibia.
2. Pulau utama Kuba dikelilingi oleh empat grup pulau lain. Keempat pulau tersebut adalah Carnaguey, Canarreos, Jardines de la Reina, dan Colorados.
3. Luas total Pulau Kuba adalah 110.860 kilometer persegi menjadikannya pulau terbesar ke-17 di dunia.
4. Pulau Kuba terdiri dari dataran bergelombang dan memiliki berbagai pegunungan curam di ujung tenggara yang disebut Sierra Maestra. Titik tertinggi di Sierra Maestra adalah Pico Real del Turquino dengan ketinggian sekitar 2005 m.
5. Kuba memiliki iklim tropis. Musim kemarau berlangsung dari bulan November sampai April dan musim hujan dari bulan Mei hingga Oktober. Suhu rata-rata berkisar 21 derajat Celcius pada bulan Januari dan 27 derajat Celsius pada bulan Juli.
6. Pulau Kuba ditemukan oleh Columbus pada tahun 1492 dan diklaim sebagai milik Kerajaan Spanyol. Ketika menemukan Cuba, Columbus berpikir dia berada di India.
7. Orang Kuba menyebut pulau mereka sebagai ‘El Cocodrilo’ atau ‘El Caiman’ karena menyerupai bentuk buaya atau alligator.
8. Wilayah negara Kuba terdiri dari lebih 400 pulau dan gundukan, serta merupakan rumah bagi Manjuarí, ikan yang tidak ditemukan di tempat lain di bumi.
9. Ibukota Kuba adalah Havana, sementara ibukota sebelumnya adalah Santiago de Cuba. UNESCO menyatakan Havana City, Cienfuegos, dan Trinidad sebagai Situs Warisan Dunia.
10. Kuba memiliki populasi campuran dengan 1% Cina, 11% kulit hitam, 37% kulit putih, dan 51% campuran hitam dan putih yang disebut mulatto.
11. Rasio dokter dan pasien adalah yang tertinggi di Kuba. Bahkan, karena terdapat begitu banyak dokter, negara itu mengirim dokter ke negara-negara lain yang mengalami kekurangan.
12. Terdapat kebijakan penggunaan internet yang ketat di Kuba. Sangat sedikit orang yang diberikan izin untuk menggunakan Internet. Pelanggar akan dikenakan penjara 5 tahun.
13. Kuba memiliki lebih dari 200 teluk dan 250 pantai untuk dieksplorasi, sehingga membuatnya menjadi surga bagi wisatawan yang ingin mencari tempat yang jauh dari hiruk pikuk kota.
14. Tidak terdapat tanaman atau hewan di Kuba yang beracun atau mematikan bagi manusia.
15. Bunga resmi Kuba adalah Butterfly Jasmine, sedangkan burung nasional adalah Tocororo atau Cuban Trogon, sedangkan pohon resmi adalah Royal Palm.
16. Sepak bola bukan merupakan olahraga populer di Kuba. Sementara sebagian besar negara Latin menyukai sepak bola, orang Kuba lebih memfavoritkan bisbol. Tim bisbol Kuba adalah salah satu yang terbaik di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar