Kamis, 20 November 2014

Perusahaan Google


Larry Page CEO dan Salah Satu Pendiri

Sebagai Direktur Utama (CEO) Google, Larry bertanggung jawab atas operasi keseharian Google, serta memimpin pengembangan produk dan strategi teknologi perusahaan. Beliau mendirikan Google bersama Sergey Brin pada tahun 1998 saat menempuh pendidikan Ph.D. di Universitas Stanford, dan merupakan CEO pertama hingga tahun 2001—mengembangkan perusahaan hingga mempekerjakan lebih dari 200 pegawai dan mampu menghasilkan laba. Sejak tahun 2001 hingga 2011, Larry menjabat sebagai penanggung jawab utama seluruh produk (President of Products).

Larry mendapatkan gelar Sarjana Teknik dari Universitas Michigan, Ann Harbor, dan magister ilmu komputer dari Universitas Stanford. Beliau adalah anggota Komite Penasihat Nasional (National Advisory Committee - NAC) di Fakultas Teknik Universitas Michigan, dan bersama dengan rekan pendiri, Sergey Brin, Larry dianugerahi Marconi Prize pada tahun 2004. Beliau adalah pengurus dewan X-PRIZE dan dipilih untuk masuk National Academy of Engineering (Akademi Teknik Nasional) pada tahun 2004.
Larry di Google+ 
Eric E. Schmidt

Eric E. Schmidt Pimpinan Eksekutif

Sejak bergabung dengan Google pada tahun 2001, Eric Schmidt telah membantu mengembangkan perusahaan yang berawal dari perusahaan rintisan di Silicon Valley hingga menjadi yang terdepan dalam teknologi secara global. Sebagai pimpinan eksekutif, beliau bertanggung jawab atas masalah eksternal Google: membangun kemitraan dan hubungan bisnis yang lebih luas, merangkul pemerintah, dan kepemimpinan pembelajaran teknologi, serta memberikan nasihat kepada CEO dan kepemimpinan senior dalam hal bisnis dan kebijakan.
Selama periode 2001-2011, Eric bertindak sebagai Direktur Utama Google, mengawasi strategi bisnis dan teknis perusahaan bersama pendiri Google: Sergey Brin dan Larry Page. Di bawah kepemimpinannya, Google meningkatkan infrastrukturnya secara dramatis dan meragamkan penawaran produknya sembari mempertahankan budaya inovasi yang kuat.
Sebelum bergabung dengan Google, Eric adalah pimpinan dan CEO Novell serta direktur bidang teknologi di Sun Microsystems, Inc. Sebelumnya, beliau bertindak sebagai staf riset di Palo Alto Research Center (PPAP) Xerox, Bell Laboratories, dan Zilog. Beliau mendapatkan gelar sarjana teknik elektro dari Universitas Princeton serta magister dan Ph.D. ilmu komputer dari Universitas California, Berkeley.
Eric adalah anggota Dewan Penasihat Presiden dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Dewan Penasihat Perdana Menteri di Inggris. Beliau dipilih untuk masuk ke National Academy of Engineering (Akademi Teknik Nasional) pada tahun 2006 dan dilantik sebagai cendekiawan di American Academy of Arts and Sciences (Akademi Seni dan Ilmu Pengetahuan Amerika) pada tahun 2007. Beliau juga mengetuai dewan New America Foundation dan sejak tahun 2008 menjadi pengurus yayasan Institute for Advanced Study di Princeton, New Jersey. Pada bulan Mei 2012, Eric menjadi anggota dewan direksi Khan Academy dan tahun berikutnya beliau bergabung dengan dewan The Economist. Pada tahun 2013, Eric dan Jared Cohen menulis buku terlaris versi The New York Times, The New Digital Age: Transforming Nations, Businesses, and Our Lives. Pada bulan September 2014, Eric menerbitkan buku terlaris New York Times yang kedua,How Google Works, yang beliau tulis bersama Jonathan Rosenberg dan Alan Eagle.
Eric di Google+ 
Sergey Brin

Sergey Brin Salah Satu Pendiri

Sergey Brin turut mendirikan Google Inc. pada tahun 1998. Sekarang, beliau memimpin proyek-proyek khusus. Sejak tahun 2001 sampai 2011, Sergey bertindak sebagai presiden teknologi, yang berbagi tanggung jawab atas operasi keseharian perusahaan bersama Larry Page dan Eric Schmidt.
Sergey mendapatkan gelar sarjana dengan kehormatan di bidang matematika dan ilmu komputer dari Universitas Maryland di College Park. Saat ini beliau sedang cuti dari program Ph.D. ilmu komputer di Universitas Stanford, tempat beliau mendapatkan gelar magisternya. Sergey adalah anggota National Academy of Engineering (Akademi Teknik Nasional) dan penerima National Science Foundation Graduate Fellowship (Beasiswa untuk program Magister dari Yayasan Sains Nasional).
Beliau telah menerbitkan lebih dari selusin makalah akademik, termasuk Extracting Patterns and Relations from the World Wide Web; Dynamic Data Mining: A New Architecture for Data with High Dimensionality, yang diterbitkannya bersama Larry Page;Scalable Techniques for Mining Causal Structures; Dynamic Itemset Counting and Implication Rules for Market Basket Data; dan Beyond Market Baskets: Generalizing Association Rules to Correlations.
Sergey di Google+ 
David C. Drummond

David C. Drummond Wakil Presiden Senior, Direktur Bidang Pengembangan Korporat dan Hukum

David Drummond bergabung dengan Google pada tahun 2002, dan menjabat sebagai wakil presiden senior, kepala petugas bagian hukum dan pengembangan perusahaan. Beliau memimpin tim global Google terkait hukum, kebijakan publik, komunikasi, pengembangan/penggabungan perusahaan dan akuisisi, serta operasi kualitas produk. Beliau juga menjabat sebagai kepala sayap investasi Google, yaitu Google Ventures dan Google Capital.
David pertama kali diperkenalkan ke Google pada tahun 1998 sebagai mitra grup transaksi korporat di Wilson Sonsini Goodrich and Rosati, salah satu firma hukum terkemuka yang mewakili bisnis teknologi di Amerika. Beliau menjabat sebagai penasihat luar Google yang pertama dan bekerja sama dengan Larry Page serta Sergey Brin untuk menjadikan perusahaan sebagai badan hukum dan mengamankan tahap awal pendanaan perusahaan.
David mendapatkan gelar sarjana sejarah dari Universitas Santa Clara dan J.D. (doktor bidang hukum) dari Stanford Law School. Beliau menjabat sebagai dewan direksi Uber Technologies, Inc. dan Rocket Lawyer Inc.
David di Google+ 
Patrick Pichette

Patrick Pichette Wakil Presiden Senior dan Direktur Bidang Keuangan

Patrick Pichette adalah direktur bidang keuangan Google. Beliau berpengalaman hampir 20 tahun dalam bidang operasional keuangan dan manajemen di sektor telekomunikasi, termasuk tujuh tahun di Bell Canada, saat beliau bergabung pada tahun 2001 sebagai wakil presiden eksekutif bidang perencanaan dan manajemen kinerja. Selama berada di Bell Canada, beliau menjabat berbagai posisi eksekutif, termasuk CFO dari tahun 2002 sampai akhir tahun 2003, dan berperan penting dalam manajemen jaringan komunikasi yang paling luas di Kanada dan migrasi berkelanjutannya untuk infrastruktur nasional baru berbasis IP. Sebelum bergabung dengan Bell Canada, Patrick merupakan mitra di McKinsey & Company, beliau adalah anggota utama McKinsey’s North American Telecom Practice. Beliau juga menjabat sebagai wakil presiden dan direktur bidang keuangan Call-Net Enterprises Inc., sebuah perusahaan telekomunikasi Kanada.
Patrick adalah anggota dewan Trudeau Foundation dan Bombardier Inc., dan menjabat sebagai penasihat Engineers Without Borders, Kanada. Patrick mendapatkan gelar sarjana administrasi bisnis dari Universitas Quebec, Montreal. Beliau mendapatkan gelar magister dalam bidang filosofi, politik, dan ekonomi dari Universitas Oxford, yang ditempuhnya dengan Beasiswa Rhodes.
Patrick di Google+ 
Kembali ke atas

Kepemimpinan Senior

Alan Eustace

Alan Eustace

Wakil Presiden Senior, Pengetahuan 
Amit Singhal

Amit Singhal

Wakil Presiden Senior, Penelusuran dan Google Fellow 
Craig Barratt

Craig Barratt

Wakil Presiden Senior, Akses dan Energi 
Jeff Dean

Jeff Dean

Cendekiawan Senior 
Kent Walker

Kent Walker

Wakil Presiden Senior dan Konsultasi Umum 
Laszlo Bock

Laszlo Bock

Wakil Presiden Senior, Operasional Tenaga Kerja 
Lorraine Twohill

Lorraine Twohill

Wakil Presiden Senior, Pemasaran Global 
Omid Kordestani

Omid Kordestani

Kepala Bagian Bisnis Sementara, Penasihat Khusus CEO 
Rachel Whetstone

Rachel Whetstone

Wakil Presiden Senior, Komunikasi dan Kebijakan 
Salar Kamangar

Salar Kamangar

Wakil Presiden Senior, Produk 
Sanjay Ghemawat

Sanjay Ghemawat

Cendekiawan Senior 
Sridhar Ramaswamy

Sridhar Ramaswamy

Wakil Presiden Senior, Iklan & Komersial 
Sundar Pichai

Sundar Pichai

Wakil Presiden Senior, Android, Chrome & Aplikasi 
Susan Wojcicki

Susan Wojcicki

Wakil Presiden Senior, YouTube 
Urs Hölzle

Urs Hölzle

Wakil Presiden Senior, Infrastruktur Teknis, dan Google Fellow 
Kembali ke atas

Dewan Direksi

Larry Page, CEO  baca profil Larry 
Sergey Brin, Salah Satu Pendiri  baca profil Sergey 
Eric E. Schmidt, Pimpinan Eksekutif  baca profil Eric 
L. John Doerr telah menjabat sebagai salah satu anggota dewan direksi kami sejak bulan Mei 1999. John telah menjadi Mitra Umum Kleiner Perkins Caufield & Byers, sebuah firma modal ventura, sejak bulan Agustus 1980. John juga telah menjadi anggota dewan direksi Amyris, Inc, sebuah perusahaan biologi sintetis, sejak bulan Mei 2006, dan menjabat sebagai ketua komite nominasi dan tata kelola serta anggota komite pengembangan kepemimpinan dan kompensasi, dan Zynga Inc, penyedia layanan game sosial, sejak bulan April 2013. John sebelumnya adalah direktur Amazon.com, Inc., suatu perusahaan retail Internet, dari tahun 1996 hingga 2010. John mendapatkan gelar Magister Administrasi Bisnis dari Harvard Business School, dan Magister Sains dalam bidang teknik elektro dan ilmu komputer, serta Sarjana Sains dalam bidang teknik elektro dari Universitas Rice.
Selengkapnya tentang L. John Doerr »
Diane B. Greene telah menjabat sebagai anggota dewan direksi kami sejak bulan Januari 2012. Beliau juga telah menjadi anggota dewan direksi Intuit Inc., penyedia solusi pengelolaan bisnis dan keuangan, sejak bulan Agustus 2006 dan menjabat dalam komite audit dan risiko serta komite nominasi dan tata kelola korporat. Beliau merupakan anggota dari MIT Corporation, sebuah badan pemerintah Institut Teknologi Massachusetts. Diane menjadi salah satu pendiri perusahaan VMware, Inc., penyedia virtualisasi dan solusi infrastruktur berbasis virtualisasi, pada tahun 1998 dan membawa perusahaan masuk bursa pada tahun 2007. Beliau menjabat sebagai CEO dan Presiden VMware mulai tahun 1998 hingga 2008, sebagai anggota dewan direksi VMware mulai tahun 2007 hingga 2008, dan sebagai Wakil Presiden Eksekutif EMC Corporation, sebuah penyedia infrastruktur informasi dan teknologi, solusi, serta layanan infrastruktur virtual mulai tahun 2005 hingga 2008. Sebelum di VMware, Diane menduduki posisi kepemimpinan teknis di Silicon Graphics Inc, penyedia komputasi teknis, penyimpanan, dan solusi pusat data, Tandem Computers, Inc, pabrik sistem komputer, dan Sybase Inc, perusahaan layanan dan perangkat lunak perusahaan global, serta menjadi CEO VXtreme, Inc, sebuah pengembang solusi media streaming. Diane mendapatkan gelar Magister Sains dalam bidang ilmu komputer dari Universitas California di Berkeley, gelar Magister Sains dalam bidang arsitektur perkapalan dari Institut Teknologi Massachusetts, serta gelar Sarjana dalam bidang teknik mesin dari Universitas Vermont.
John L. Hennessy telah menjabat sebagai anggota dewan direksi kami sejak bulan April 2004 dan sebagai Pimpinan Direktur Independen sejak bulan April 2007. Beliau menjabat sebagai Presiden Universitas Stanford sejak bulan September 2000. John juga telah menjadi anggota dewan direksi Cisco Systems, Inc., perusahaan peralatan jaringan, sejak bulan Januari 2002 dan menjabat pada komite nominasi dan tata kelola serta komite akuisisi di perusahaan tersebut. Beliau juga menjabat sebagai pengurus Yayasan Gordon dan Betty Moore. Sejak tahun 1994 sampai bulan Agustus 2000, John telah menduduki beberapa jabatan di Stanford, termasuk Dekan Fakultas Teknik dan Ketua Jurusan Ilmu Komputer Universitas Stanford. John adalah salah satu pendiri dan pimpinan dewan direksi Atheros Communications, Inc., perusahaan semikonduktor nirkabel, dari tahun 1998 sampai tahun 2010. John mendapatkan gelar Doktor dan Magister Sains dalam bidang ilmu komputer dari Universitas Negeri New York, Stony Brook, dan Sarjana Sains dalam bidang teknik elektro dari Universitas Villanova.
Selengkapnya tentang John L. Hennessy »
Ann Mather telah menjabat sebagai anggota dewan direksi kami sejak bulan November 2005. Beliau juga telah menjadi anggota dewan direksi: Glu Mobile Inc, penerbit game seluler, sejak bulan September 2005, dan menjabat dalam komite nominasi dan tata kelola; Netflix, Inc, layanan berlangganan internet untuk film dan acara televisi, sejak Juli 2010, dan menjabat sebagai ketua komite audit; Shutterfly, Inc, pabrikan dan pengecer digital produk dan layanan hasil personalisasi, sejak bulan Mei 2013; dan Solazyme, Inc, perusahan minyak dan produk bio yang dapat diperbarui, sejak bulan April 2011, dan menjabat sebagai ketua komite audit. Ann juga telah menjadi pengurus independen untuk dewan pengurus Dodge & Cox Funds sejak bulan Mei 2011. Sebelumnya, beliau adalah direktur Central European Media Enterprises Group, pengembang dan operator stasiun dan saluran televisi komersial nasional di Eropa Tengah dan Timur, dari tahun 2004 sampai 2009, dan MoneyGram International, Inc, perusahaan layanan pembayaran global, dari bulan Mei 2010 sampai Mei 2013. Sejak tahun 1999 sampai 2004, beliau adalah Wakil Presiden Eksekutif dan Direktur Bidang Keuangan Pixar, studio animasi komputer. Sebelum masuk ke Pixar, Ann adalah Wakil Presiden Eksekutif dan Direktur Bidang Keuangan di Village Roadshow Pictures, divisi produksi film Village Roadshow Limited. Ann memiliki gelar Magister Seni dari Universitas Cambridge dan merupakan akuntan terdaftar.
Alan R. Mulally telah menjabat sebagai anggota dewan direksi kami sejak Juli 2014. Alan menjabat sebagai Presiden dan Direktur Utama Ford Motor Company, perusahaan otomotif global, sejak September 2006 sampai Juni 2014. Sebelumnya, Alan adalah anggota dewan direksi Ford dan menjabat sebagai komite keuangannya sejak September 2006 sampai Juni 2014. Alan menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif Boeing Company dan Presiden serta Direktur Utama Boeing Commercial Airplanes, Inc. sejak Maret 2001 hingga September 2006. Selain itu, dia menjadi anggota Dewan Eksekutif Boeing. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Presiden bagian bisnis pertahanan dan antariksa Boeing. Alan menjabat sebagai ketua bersama Dewan Urusan Persaingan Washington dan telah menjadi dewan penasihat NASA, Universitas Washington, Universitas Kansas, Institut Teknologi Massachusetts, dan Dewan Penasihat Ilmiah Angkatan Udara AS. Beliau adalah anggota Akademi Nasional Teknik AS dan anggota Royal Academy of Engineering Inggris. Alan meraih gelar Sarjana Sains dan Magister Sains dalam bidang teknik penerbangan dan antariksa dari Universitas Kansas, serta Magister di bidang Manajemen dari Institut Teknologi Massachusetts sebagai anggota Alfred P. Sloan tahun 1982.
Paul S. Otellini telah menjabat sebagai anggota dewan direksi sejak bulan April 2004. Beliau menjabat sebagai CEO dan Presiden Intel Corporation, perusahaan manufaktur semikonduktor, dari bulan Mei 2005 sampai bulan Mei 2013, dan sebagai anggota dewan direksi dari tahun 2002 sampai bulan Mei 2013. Beliau juga menjabat sebagai Direktur Bidang Operasional Intel sejak tahun 2002 sampai bulan Mei 2005. Sejak tahun 1974 sampai 2002, Paul telah memegang berbagai jabatan di Intel, termasuk Wakil Presiden Eksekutif dan Manajer Utama, Intel Architecture Group, serta Wakil Presiden Eksekutif dan Manajer Utama, Grup Pemasaran dan Penjualan. Paul mendapatkan gelar Magister Administrasi Bisnis dari Universitas California, Berkeley, dan gelar Sarjana bidang ekonomi dari Universitas San Francisco.
Selengkapnya tentang Paul S. Otellini »
K. Ram Shriram telah menjabat sebagai anggota dewan direksi kami sejak bulan September 1998. Beliau telah menjadi mitra pengelola Sherpalo Ventures, LLC, sebuah perusahaan investasi ventura, sejak bulan Januari 2000. Dari bulan Agustus 1998 sampai September 1999, Ram menjabat sebagai Wakil Presiden Pengembangan Bisnis di Amazon.com, Inc., perusahaan layanan belanja di internet. Sebelum itu, Ram menjabat sebagai Presiden di Junglee Corporation, penyedia teknologi basis data, yang diakuisisi oleh Amazon.com pada tahun 1998. Ram adalah anggota awal tim eksekutif Netscape Communications Corporation. Ram juga duduk dalam jajaran dewan pengawas Universitas Stanford. Ram mendapatkan gelar Sarjana Sains dari Universitas Madras, India.
Selengkapnya tentang K. Ram Shriram »
Shirley M. Tilghman telah menjabat sebagai anggota dewan direksi kami sejak bulan Oktober 2005. Beliau menjabat sebagai Presiden Universitas Princeton dari bulan Juni 2001 sampai Juli 2013. Beliau juga menjabat sebagai pengurus Advantage Testing Foundation, Amherst College, Carnegie Endowment for International Peace, King Abdullah University of Science and Technology, dan Leadership for a Diverse America. Sejak bulan Agustus 1986 sampai bulan Juni 2001, beliau menjabat sebagai Profesor di Universitas Princeton, dan sejak bulan Agustus 1988 sampai bulan Juni 2001, sebagai Investigator (ilmuwan terpilih) di Institut Kedokteran Howard Hughes. Pada tahun 1998, beliau berperan sebagai direktur pendiri Lewis-Sigler Institute for Integrative Genomics multidisiplin Princeton. Shirley mendapatkan gelar Doktor dalam bidang biokimia dari Temple University, dan gelar Sarjana Sains dengan kehormatan di bidang kimia dari Queen's University.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar