Selasa, 03 Maret 2015

Tips Mengatur Amarah






Apakah anda menggerutu saat seseorang menyalip kendaraan anda di jalan raya? Apakah tekanan darah anda melonjak tinggi saat anak tidak menuruti anda? Marah itu wajar, namun penting untuk menyalurkannya dalam cara yang positif. Amarah yang tidak terkontrol dapat mengganggu kesehatan dan hubungan anda dengan orang lain. 
Bersiap untuk mengontrol amarah anda? Mulailah dengan mempertimbangkan tips-tips di bawah ini.

 

Pikirkan sebelum berbicara

Saat suasana sedang memanas, mudah untuk mengatakan sesuatu yang akan anda sesali. Tenangkan diri beberapa saat untuk berpikir sebelum mengatakan sesuatu.

Saat sudah tenang, tunjukkan amarah

Saat pikiran sudah jernih, ekspresikan rasa frustasi anda dalam sebuah ketegasan namun dengan cara yang tidak konfrontasi. Pusatkan perhatian dan kebutuhan secara jelas dan langsung, tanpa menyakiti yang lainnya atau mencoba mengontrol mereka.

Alihkan ke olahraga

Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres yang dapat menyebabkan anda marah. Jika anda merasa kemarahan anda semakin meningkat, cobalah berjalan atau lari cepat, atau menghabiskan waktu dengan olahraga lainnya.

Istirahatkan Pikiran

Berikan diri anda waktu untuk beristirahat selama sehari yang penuh tekanan. Sedikit waktu untuk menyendiri mungkin dapat membantu anda merasa lebih baik agar siap menghadapi apapun yang terjadi selanjutnya.

Mencari solusi


Di samping fokus pada apa yang membuat anda kesal, anda juga perlu mencari solusi. Seperti menutup pintu ketika anak membuat anda marah. Ingitkan diri anda bahwa amarah tidak akan menyelesaikan apapun dan mungkin justru memperburuk keadaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar